
Kecepatan, ketepatan jadwal, dan kemudahan mengakses. Penulis menyarankan agar program tersebut ditingkatkan lagi dalam hal Hasil ini sangat membantu petugas bidang akademik. Waktu) berbeda untuk 84 mata kuliah pada semester genap tahun 2009/2010.Īngka tersebut dapat dikelompokkan menjadi 8 hari karena tiap hari ada 3 warna Dari program komputer yang dibuat, diperoleh hasil 24 warna (periode Matematika Unnes dapat divisualisasikan dalam bentuk matriks ketetanggaan Untuk menyelesaikan pewarnaan graf adalah dengan membuat diagram alurĪlgoritma Welch dan Powell kemudian mengubahnya ke dalam bahasa Langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat progam komputer Selanjutnya disusun pemecahan masalah dalam bentuk pembahasan. Penjadwalan ujian semester di jurusan Matematika Unnes ke dalam bentuk graf. Unnes dalam bentuk graf, serta aplikasi program komputer tersebut dalam Powell dengan eksperimen, pemodelan ujian semester di Jurusan Matematika Perumusan masalah mengenai program komputer dari algoritma Welch dan Metode yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah studi pustaka, Penentuan jadwal ujian semester di Jurusan Matematika Unnes. Visualisasi masalah penjadwalan ujian semester di Jurusan Matematika Unnesĭalam graf, dan bagaimana hasil pewarnaan graf dalam menyelesaikan masalah Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana peran-Ĭangan progam komputer untuk menyelesaikan pewarnaan graf, bagaimana Titik–titik yang bertetangga berwarna berbeda di N, yaitu jika sisi uv E, maka Pewarnaan titik dari graf G=(V,E) adalah sebuah pemetaan F : V di mana Permasalahan iniĭapat diselesaikan dengan sangat mudah dengan pewarnaan titik graf. Waktu sangat lama karena tumbuk jadwal satu dengan yang lain. Kemudian dilakukan perevisian jadwal yang terkadang memakan The results showed that there was an increase in the ability to solve Mathematics Olympiad questions for junior high school teachers after attending training on developing Mathematical Olympiad questions, with an average N-Gain score of 0.778.ĭi jurusan Matematika Unnes, penjadwalan ujian semester dilakukan We use a technique of data analysis of improvement tests in the N-gain test using a t-test with the assumption that normality is fulfilled. This research uses a quantitative one-sample research method with one group pretest-posttest design. This research was conducted in September 2018 with 14 junior high school mathematics teachers from Tobasa Regency, North Sumatra, Indonesia.

The purpose of this study is to investigate whether there is an increase in the ability of junior high school mathematics teachers after attending a training program on solving Mathematical Olympiad questions.

This research is based on the requirement for junior high school students to be able to solve Mathematical Olympiad questions in the last few years, thus requiring their teachers to be able to solve Mathematical Olympiad questions and teach them.
